Senin, 02 Maret 2015

Tanya Jawab Seputar Permainan Bola Basket

sejarah-singkat-permainan-bola-basket


Tanya: Siapa penemu bola basket dan bagaimana ceritanya?
Jawab: Penemu bola basket adalah James A. Naismith, seorang doktor yang pertama kali memperkenalkan olahraga ini kepada masyarakat. Pada awalnya sekitar tahun 1891 James A. Naismith yang berprofesi sebagai guru olahraga disebuah sekolah pelatihan di Amerika Serikat tepatnya Young Mens Christian Association (YMCA) mendapat tugas dari pengawas sekolah untuk menciptakan olahraga baru yang dapat dilakukan di dalam gedung, serta mudah dimainkan dan dipelajari. Hal ini dilakukan karena adanya penurunan minat masyarakat untuk mengunjungi YMCA guna berlatih dan berolahraga, disisi lain pada waktu itu musim dingin berlangsung cukup lama sementara olahraga yang ada pada saat itu dirasa terlalu berat untuk dilakukan di luar ruangan pada musim dingin. Dari sinilah sejarah bola basket dimulai.


Tanya: Sebutkan 5 peraturan dalam permainan bola basket!
Jawab: 5 Peraturan permainan bola basket kurang lebih sebagai berikut:

  1. Waktu pertandingan. Berbeda dengan permainan sepak bola, di mana waktu pertandingan dalam basketball adalah 4 x 10 menit.
  2. Regu. Regu atau kelompok dalam jenis olahraga bola besar ini terdiri dari masing-masing lima anggota.
  3. Start. Star dalam permainan basket ball diawali dengan lemparan ke atas yang dilakukan oleh wasit utama. Lemparan ini juga sering disebut dengan bola loncat.
  4. Goal. Dalam pertandingan ini gol terjadi jika pemain berhasil memasukkan bola ke dalam ring lawan. Dari gol tersebut setidaknya terdapat 3 macam nilai yang masing-masing bernilai 1, 2, dan 3. Nilai gol tersebut ditentukan berdasar jarak tembakan maupun tembakan hukuman.
  5. Pelanggaran Hal yang sering menjadi pelanggaran antara lain adalah teknik dribel, walking, back ball, dan lama memegang/ membawa bola.

Tanya: Apa yang dimaksud dengan permainan bola besar?
Jawab: Permainan bola besar adalah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan bola berdiameter lebih dari 50 cm. Di dunia ini terdapat banyak macam dan jenis olahraga yang satu ini. Mulai dari basket, volly, dan futsal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar