Kamis, 21 Mei 2015

Macam Seni Kriya Mancanegara Beserta Asal Teknik Pembuatan

Macam Seni Kriya Mancanegara
Tanya : Sebutkan macam seni kriya mancanegara beserta asal dan teknik pembuatannya?
Jawab : Sebagaimana kesenian di Indonesia seni kriya mancanegara juga sangat beragam, adapun contoh macam seni kriya mancanegara berserta asal dan teknik pembuatannya dapat kita jelaskan sebagai berikut:

Relief Mesir Kuno

Seni relief yang dimaksud adalah seni lukis dari negara Mesir Kuno. Kebanyakan relief tersebut di buat dengan cara melukis dan memahat pada bidang perunggu dan ditempatkan pada berbagai bangunan seperti bangunan piramida, kuil, dan berbagai bangunan lainnya.

Patung Pada Istana Raja Korsabad 

Patung ini merupakan salah satu hasil tangan bangsa Assiria. Teknik pembuatannya dilakukan dengan cara memahat benda baik berupa batu maupun lainnya.

Seni Patung Romawi

Salah satu seni kriya mancanegara ini dibuat dari bahan bahan batu pualam dengan teknik pahat yang sangat detail. Seni pahat yang berasal dari negara Romawi ini sangat menonjolkan bentuk potret.

Patung Budha dari Gandara

Patung budha ini merupakan seni kriya yang berasal dari negara India. Pada masa tersebut bahan yang dipergunakan dalam membuat patung dapat berupa perunggu, tembaga, batu alam dan lain sebagainya. Patung Budha Gandara ini ditempatkan pada Tugu Asoka yang menjadi salah satu kekayaan warisan leluhur bangsa India.

Seni Keramik dari China

Seni keramik china memang telah ada ratusan tahun yang lalu. Teknik glasir merupakan salah satu cara dalam tahapan teknik pembuatan keramik di China. Keramik pada masa tersebut kerap kali berbentuk Guci, Mangkok, Pot Bunga, dan lain sebagainya yang memiliki berbagai macam fungsi.
Kelima contoh seni kriya di atas merupakan beberapa macam seni kriya mancanegara berserta asal dan teknik pembuatannya. Baca juga Pengertian Seni Teater Tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar