Rabu, 20 Mei 2015

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indoensia


Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indoensia
Tanya: Apa saja latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia? sebutkan dan jelaskan maksudnya.

Jawab:
Bangsa barat datang ke Indonesia tentu tidak serta merta tanpa tujuan dan sebab. Berikut adalah latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia.


1. Runtuhnya Kekaisaran Romawi

Runtuhnya Romawi mengakibatkan tata kehidupan bangsa-bangsa Eropa yang semula berkiblat pada hukum Romawi menjadi kacau.

2. Terjadinya Perang Salib

Karena perang salib maka jalur perdagangan antara Eropa dan Timur Tengah menjadi terputus. sehingga para pedagang wilayah Eropa mulai mencari solusi lain untuk mendapatkan rempah-rempah secara langsung termasuk menuju ke Indonesia.

3. Jatuhnya kekuasaan Konstantinopel ke Tangan Islam

Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani membuat bangsa Eropa kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok, terutama dalam bidang perdagangan. Maka dari itu, bangsa Eropa mulai mencari wilayah penghasil rempah yang dibutuhkan dalam kehidupan mereka, terutama rempah-rempah secara langsung. Tak heran jika hal ini menjadi latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia.

4. Adanya Penjelajahan Samudra

Penjelajahan samudra menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi kedatangan bangsa barat ke Indonesia. Karena adanya penjelajahan samudra maka orang-orang eropa menjadi tahu kondisi di wilayah asia termasuk nusantara atau Indonesia. Dalam kesempatan lain mereka berusaha untuk menduduki wilayah Indonesia dalam mengembangkan wilayahnya.

Keempat peristiwa di atas merupakan beberapa latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia.

Sumber:
Latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar